Pengamat: Kans Dedi di Pilkada Jabar Cukup Tinggi

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai tingkat keterpilihan Dedi Mulyadi pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 2018 cukup tinggi. Itu didasarkan pada elektabilitas Dedi yang cukup tinggi.

"Dedy Mulyadi tetap punya kans untuk terpilih karena hasil elektibilitas Dedy Mulyadi cukup tinggi, masuk tiga besar," ujar Pangi kepada MONITOR, di Jakarta, Kamis (24/8).

Lebih lanjut, Pangi menambahkan, Partai Golkar sebagai pihak pengusung Dedi, memiliki karakter kekuatan yang tidak bertumpu pada figur calon. Melainkan Golkar lebih diunggulkan dengan sistem dan basis partainya yang cukup merata di Jawa Barat.

"kekuatan Golkar tidak terlalu bertumpu atau ditentukan oleh figur, tetapi dengan sistem dan basisnya merata," tambah Pengamat Politik Voxpol itu.

Selain itu, Pangi menjelaskan, setiap partai yang memiliki figur dan basis yang kuat di masyarakat memiliki peluang  menaikan bobot elektabilitas electoral yang tinggi.

Bisa dipastikan, sambung Pangi, kandidat Calon Gubernur (Cagub) Golkar yang memiliki kekuatan tersebut memiliki kans kemenangan besar.
 
"Bisa dipastikan figur tokoh cagub kader Golkar yang kuat dipadukan dengan mesin partai yang bagus, maka kans untuk menang makin besar," tutup pria kelahiran Sijunjung, Sumatera Barat itu.