Penanaman Ideologi Pancasila dan Kebangsaan Bagi Generasi Muda Harga Mati

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Fraksi DasDem MPR RI, Fadholi menekankan pentingnya penanaman ideologi kebangsaan pada generasi muda Indonesia. Pasalnya, saat ini penerapan nilai-nilai Pancasila dan Kebanggaan dirasa sudah hampir luntur terutama di kalangan anak muda.

"Penanaman ideologi terhadap generasi muda ini mutlak dan harus diberikan. Itu merupakan harga mati, terutama ideologi kebangsaan dan ideologi pancasila," kata Fadoli di Jakarta, Jumat (20/4).

Dikatakan Fadholi, sebagai anggota MPR dirinya merasa prihatin ketika generasi muda sekarang tidak memahami nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan. Untuk itu jika tidak didampingi dengan penguatan ideologi atau pemahaman pancasila maka generasi  muda akan semakin acuh.

"Ideologi Pancasila ini menjadi sangat penting sekali agar bisa diimplementasikan dalam keseharian," imbuh Fadholi.

Fadholi melanjutkan, pengaruh teknologi, pengaruh kebudayaan asing, melalui berbagai media sosial yang masuk ke Indonesia tentunya harus ditanggulangi dengan penguatan ideologi dalam setiap generasi muda. 

"Generasi muda kita harus dibantengi dengan betul-betul, salah satunya adalah sikap nasionalisme," tuturnya.

Salah satu bentuk sikap nasionalisme yang ditanamkan menurutnya seperti mencintai produk dalam negeri dan mencintai kebudayaannya.

"Mencintai terhadap apa yang kita miliki sekarang ini, mencintai bangsa sendiri tentunya harus di implementasikan dengan baik," pungkasnya.