Ramadhan, BKP Lakukan Percepatan Sergap

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin rapat percepatan Serap Gabah Petani (Sergap) di Provinsi Sumatera Selatan (Foto: Humas BKP)

MONITOR, Jakarta – Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi tanggal 9 Mei 2018 bersama Perum Bulog, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin rapat percepatan Serap Gabah Petani (Sergap) di Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (23/5) di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

“Upaya percepatan serap gabah ini dilakukan, karena pemenuhan cadangan beras Bulog masih rendah, baru mencapai 800 ribu ton,” ujar Agung.

“Upaya percepatan pada bulan Ramadhan ini difokuskan di 5 daerah yang masih rendah serapannya, namun memiliki potensi produksi yang besar yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Banten,” tambah Agung yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Tim Sergap Nasional.

Agung juga berharap, dengan adanya sinergi antara Pemerintah Daerah dengan para stakeholder, panen akan terinformasikan, sehingga Bulog dapat turun langsung ke lapangan untuk membeli gabah/beras dari petani sesuai dengan kualitas dan harga yang ditentukan.

Sementara itu Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Pending Dadih Permana, selaku penanggung jawab Upsus Pajale Sumsel yang juga hadir dalam rapat tersebut, menyampaikan bahwa Divre Sumatera Selatan harus siap mengejar gabah/beras ke petani, jangan sampai didahului tengkulak dari luar daerah.

Seperti diketahui, target serapan gabah/beras Sumatera Selatan hingga Mei 2018 ialah sebesar 52.602 ton dan baru terealisasi 3.294 ton atau sekitar 6%. Sedangkan target serapan harian ialah 3.244 ton setara beras.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Besar Pasca Panen, Kepala BB Mekanisasi Pertanian, Kepala BPTP Sumatera Selatan, perwakilan Korem 043/ Garuda Dempo, perwakilan DPD Perpadi Sumatera Selatan, dan Kepala Bidang Pengadaan Perum Bulog Divre Sumatera Selatan.