Bintang Puspayoga: Kartini Masa Kini Mesti Percaya Diri, Mandiri dan Kreatif

Penasehat Dharma Wanita Pusat (DWP) Kemenkop dan UKM, Bintang Puspayoga

MONITOR, Jakarta – Penasehat Dharma Wanita Pusat (DWP) Kemenkop dan UKM, Bintang Puspayoga mengatakan untuk bisa survive/bertahan menghadapi perkembangan zaman, Kartini masa kini harus memiliki rasa percaya diri, mandiri dan kreatif.

“Saat ini tak ada yang tak mungkin bagi perempuan. Ini antara lain berkat kegigihan Ibu Kartini dalam memeperjuangkann hak dan  gender bagi perempuan. Untuk bisa mengimplementasikan hal itu, perempuan harus memiliki rasa percaya diri dan mandiri serta kreatif,” ujarnya dalam acara Peringatan Hari Kartini di Lingkungan Kemenkop dan UKM, di Jakarta, Rabu (25/4).

Menurut Bintang Puspayoga, ketiga hal tersebut yaitu percaya diri,mandiri dan kreatif, menjadi modal bagi perempuan dalam menghadapi tantangan hidup saat ini dimana situasi ekonomi yang tidak menentu maupun perubahan iklim.

“Saya mengajak karyawati Kemenkop dan UKM menghayati menyimak perjuangan Kartini untuk bisa diimplelmentasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” kta Bintang.

Lebih lanjut Bintang Puspayoga yang juga Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas ini mengatakan, emansipasi perempuan sesungguhnya bukanlah hal baru dalam sejarah pergerakan Indonesia.

” Bila 139 tahun yang lalu perjuangan Kartini adalah untuk mendobrak keterkungkungan dan keterbelakangan, kini berkat perjuangan Kartini, masyarakat sudah makin paham bahwa derajat perempuan dan laki-laki adalah sama

Jika dulu peran perempuan hanya diijinkan pada ranah rumah tangga, kini akses perempuan untuk berperan ke ranah sosial, ekonomi bahkan politik, terbuka lebih luas.

” Hal ini merupakan perkembangan yang  baik dan harus terus ditingkatkan, karena memang masih ada beberapa kendala baik eksternal maupun internal,” pesan Bintang Puspayoga.