Jonan: Semua Sektor ESDM Berjalan Baik Selama Libur Idul Fitri 1439 H

Menteri ESDM, Ignasius Jonan saat memberikan sambutan dalam acara halal bihalal (Foto: esdm.go.id)

MONITOR, Jakarta – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyatakan, sepanjang libur Idulfitri 1439 H / 2018 M, seluruh sektor ESDM termasuk didalamnya ketersedian pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquefied Petroleum Gas (LPG) dan ketenagalistrikan berjalan dengan baik. Demikian juga dengan informasi mengenai Kegeologian yang disampaikan dengan baik, sehingga masyarakat disekitar lokasi wilayah rawan bencana dapat berlebaran dengan tenang.

“Saya mengucapkan selamat Idulfitri tahun 1439 H, mohon maaf lahir dan batin. Lebaran tahun ini lebih meriah, lebih baik, semangat persaudaraannya lebih terasa, dan juga kegiatan tahunan arus mudik dan juga arus balik menjadi jauh lebih tertib,” ujar Jonan ditemui usai acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Sektor ESDM Tahun 1439 H / 2018 M, Jumat (22/6).

Ketersedian dan pasokan BBM untuk masyarakat berjalan dengan baik dan normal diseluruh SPBU sehingga praktis tidak terjadi kelangkaan.

“Alhamdulillah pasokan bahan bakar minyak berjalan dengan baik karena Pertamina upayanya jauh lebih besar daripada tahun sebelumnya untuk mengantisipasi pengoperasian tol trans Jawa dan juga tol fungsional yang sebagian dioperasikan,” jelas Jonan.

Selain BBM, ketersedian LPG dan listrik juga secara umum terpantau normal. “Untuk LPG juga saya kira secara umum baik, meski kadang-kadang ada satu, dua kekosongan tapi segera dilakukan operasi pasar dan akhirnya pasokannya kembali berjalan dengan baik. Listrik tidak ada masalah, konsumsi listrik di masa mudik biasanya justru turun karena banyak usaha-usaha besar atau industri-industri besar itu libur,” tambah Jonan.

Di samping itu, informasi mengenai perkembangan aktivitas gunungapi juga selalu disampaikan dengan baik kepada masyarakat, terutama aktivitas Gunung Agung, Sinabung dan Gunung Merapi.

“Jadi semua sektor ESDM semua prinsipnya berjalan dengan baik termasuk kegeologian, meski kita tidak bisa memprediksi dengan tepat, tapi informasinya selalu kita update termasuk informasi Gunung Agung, Sinabung dan Gunung Merapi. Tiga gunung ini prioritas untuk selalu kita pantau karena terkait dengan kegiatan-kegiatan hari raya Idulfitri,” tutupnya.