Jokowi : Mari Saling Memaafkan

MONITOR, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, merayakan Idul Fitri 1439 H di Bogor. Aktifitas orang nomor satu di Indonesia dalam merayakan lebaran 2018 dimulai melaksanakan sholat Idul Fitri di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jumat (15/6/2018).

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 06.40 WIB mengenakan sarung merah keunguan, kemeja putih, jas hitam, dan kopiah hitam disambut oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Sosial, Idrus Marham, Menteri Agama, Lukman Saifudin, Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Besar Harto, Kepala Polda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Agung Maryoto, serta sekitar 2.000 jemaah.

Jokowi pun menyalami jemaah yang duduk di baris depan lalu duduk di antara Saifudin dan Plt Walikota Bogor, Usmar Hariman. Setelah itu, Jokowi lalu ikut bersalawat bersama.

Setelah salat Idul Fitri selesai, Jokowi dan Iriana diagendakan melakukan gelar griya (open house) dengan masyarakat. Acara ini akan bertempat di Istana Kepresidenan Bogor.

Bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi, mereka meluangkan waktu dari pukul 09.30-11.00 WIB, setelah itu Jokowi akan sholat Jumat.

Sebelumnya, presiden Jokowi mengajak segenap warga bangsa di tanah air, khususnya umat Islam yang akan merayakan Idulfitri 1 Syawal 1439H untuk saling memaafkan dengan hati yang tulus dan ikhlas.

“Mari kita saling memaafkan dalam semangat Idulfitri, dengan hati yang tulus dan ikhlas,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitternya @jokowi yang telah diunggahnya beberapa saat lalu.

Presiden menjelaskan, untuk Lebaran tahun ini dirinya dan keluarganya akan merayakannnya di Bogor.

“Lebaran tahun ini, saya dan keluarga merayakan di Bogor. Setelah 2014 di Aceh, 2015 di Padang, 2016 di Jakarta, besok Shalat Ied di Bogor,” ungkap Presiden Jokowi.