Jokowi lempar tanggungjawab Polemik Pj Gubernur Jabar ke Mendagri

MONITOR, Jakarta – Presiden Jokowi angkat bicara terkait polemik penunjukan dan pengangkatan Komjen (Pol) Mochamad Iriawan menjadi Pj Gubernur Jawa Barat oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Menurut Jokowi, dirinya meyakini, pengangkatan Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi M. Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) tentunya sudah melalui tahapan-tahapan pengkajian, pemikiran, dan pertimbangan Mendagri.

“Mendagri tentu saja sudah melalui tahapan-tahapan pengkajian, juga pemikiran-pemikiran, serta pertimbangan-pertimbangan, semuanya sudah dalam pengusulan PJ Gubernur Jawa Barat,” katanya menjawab wartawan usai meninjau pembangunan Runway 3 dan East Cross Taxiway, di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis (21/6).

Untuk itu lebih detil masalah pengangkatan Iriawan itu, Jokowi menyarankan wartawan agar menanyakan masalah tersebut kepada Mendagri Tjahjo Kumolo.

“Saya kira lebih detail silakan tanyakan ke Mendagri,” ujarnya.

Saat ditanya apakah usulan pengangkatan Komjen Iriawan berasal dari dirinya, Presiden Jokowi menegaskan, bahwa itu usulan dari bawah.

“Kemendagri, baru kita,” tegasnya.