Di Akhir Periode, Jokowi Ingin Fokus Membangun SDM

Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet di Istana Negara (dok: IG Jokowi)

MONITOR, Jakarta – Di akhir masa baktinya, Presiden Joko Widodo mengaku ingin fokus mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ia pun menekankan, di setiap kementerian, SDM menjadi prioritas sektor yang harus diberikan perhatian lebih.

Hal itu dirasa Jokowi penting, mengingat empat tahun berlalu, Pemerintah sudah menjalankan pembangunan infrastruktur dengan sangat baik dan berjalan lancar.

“Setelah empat tahun pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik, kini saatnya pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas pemerintah dalam pembangunan. SDM ini menjadi penekanan dan perhatian dari setiap kementerian yang ada,” ujar Jokowi, dalam Sidang Kabinet Paripurna Istana Negara, Selasa (7/8) kemarin.

Untuk menindaklanjuti keseriusannya, Jokowi berpesan kepada para menterinya untuk memasukkan sektor pembangunan dan pengembangan SDM kedalam RAPBN Tahun anggaran 2019 nanti.

“Saya menekankan agar setiap yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan SDM segera dimasukkan dalam RAPBN Tahun Anggaran 2019. Terutama untuk pendidikan dan pelatihan vokasi, politeknik, kemitraan dengan industri, peningkatan keterampilan tenaga kerja, dan kementerian-kementerian yang lain,” tandas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia