Pemerintah Indonesia Juga Galang Dana untuk Rohingya

MONITOR, Semarang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan, Pemerintah Indonesia yelah memberikan tindakan nyata dalam menanggapi krisis kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar.

"Sudah melakukan action, tidak hanya diplomasi," Ujar Menteri Tjahjo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/9).

Tjahjo menyebutkan, Pemerintah RI sudah menugaskan Menteri Luar Negeri untuk menggalang negara-negara ASEAN, menggalang negara-negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan negara-negara Eropa untuk Rohingya.

Langkah konkret yang dilakukan, kata dia, termasuk memberikan bantuan untuk mengurangi beban pengungsi Rohingya sehingga harus dipahami sebagai upaya pemerintah membantu warga Rohingya secara maksimal.

"Yang Pak Jokowi sampaikan secara terbuka. Yang Bu Retno (Menlu, red.) sampaikan di Myanmar dan Bangladesh adalah membawa amanah masyarakat Indonesia," kata Tajahjo.

Bagaimanapun, tambah Tjahjo, bangsa Indonesia merasa senasib dan sepenanggungan dengan apa yang dirasakan saudara-saudara di Rohingya, baik sebagai sesama muslim maupun sesama warga negara.

"Artinya, pemerintah sudah maksimal. Jangan kemudian dibelokkan, digoreng, seolah-olah pemerintah tidak berbuat apa-apa," tambah Tjahjo.