Pemerintah Diminta Bersikap Bijak Sikapi Semua Persoalan, Termasuk Persoalan Ormas

MONITOR, Bandung – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mengatakan pemerintah harus lebih bersikap bijak dalam menangani segala bentuk permasalahan. Termasuk menangani organisasi masyarakat (Ormas) Islam yang dinilai tidak sejalan dengan asas negara Indonesia.

“Sikap bijak pemerintah sangat diperlukan dalam menyikapi segala persoalan. Itu penting, agar dalam menangani persoalan tidak berbuntut kegaduhan,” kata Sodik melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (22/7).

Menurut Sodik, dikeluarkannya Perppu Nomor  2 Tahun 2017 tentang organisasi masyarakat harus benar-benar bisa menyeleaikan persoalan. Dan apabila memang Ormas tersebut bertentangan Pancasila dan UUD 45 pemerintah juga harus bisa memberikan pemahaman yang baik kepada kelompok tersebut.

"Mereka warga Indonesia, kita wajib memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan terhadap kelompok – kelompok yang dinilai tidak sejalan dengan pemerintah," terang Sodik dalam acara silaturahim dengan jemaah Majelis di Aula Utama Masjid Al Ma'un Bandung.

Dengan memberikan pemahaman yang baik, serta mengajak dan merangkul kelompok – kelompok yang dulu tergabung dalam Ormas yang dinilai bertentangan dengan Pancasila, lanjut politisi Gerindra, merupakan antisipasi dan menghilangkan anggapan adanya diskriminasi terhadap kelompok tersebut. 

"Mereka warga Indonesia, jadi pemerintah harus perhatikan soal hak-hak mereka sebagai warga negara," imbuhnya.