Pekan Peringatan Hardiknas Resmi Dibuka

MONITOR, Jakarta – Pekan Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 (Hardiknas) di Yogyakarta hari ini resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Pekan peringatan yang mengangkat tema ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’ ini serentak dilaksanakan di 34 Provinsi pada tanggal 21-27 April 2018.

“Saya sangat senang bisa menghadiri salah satu acara Pekan Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Yogyakarta, karena disinilah lahirnya Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, dan tokoh pendidikan, KH. Ahmad Dahlan,” ujar Muhadjir dalam pembukaan acara Pekan Peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Benteng Vrederberg, Yogyakarta, Senin (23/4).

Pelaksanaan Pekan Peringatan Hardiknas ini dilaksanakan atas kerja sama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud dan didukung oleh para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

“Ini dapat menjadi bukti sinergi yang baik antar UPT Kemendikbud diseluruh Indonesia dan para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan. Tentu ini akan menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Kalau sekarang menjadi pekan peringatan, tahun depan bukan lagi menjadi pekan, tetapi bulan pendidikan. Selama satu bulan penuh kita peringati hari pendidikan,” tegas Mendikbud.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, menyampaikan rasa syukurnya dapat mewujudkan sinergi antar UPT Kemendikbud, dan juga para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

“Dengan kerjasama yang baik ini Insya Allah semua kegiatan bisa kita laksanakan bersama-sama,” tutur Didik.

Ia pun berharap dengan adanya Pekan Peringatan Hardiknas ini tidak hanya menjadi wadah peringatan saja, tetapi jadikan peringatan itu memiliki arti yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Semoga pekan peringatan ini tidak hanya perayaan semata, tetapi memiliki arti yang luar biasa untuk pengabdian kita, sehingga kualitas pendidikan dan kebudayaan dapat dirasakan di seluruh tanah air,” pesan Didik.

Pekan Peringatan Hardiknas di DI. Yogyakarta dilaksanakan atas kerjasama 11 UPT Kemendikbud, yakni P4TK Matematika, LPMP Provinsi DIY, Museum Benteng Vredeburg, BPMR PK Yogyakarta, P4TK Seni Budaya, Balai Bahasa Yogyakarta, Balai Arkeologi Yogyakarta, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Pelestarian Nilai Budaya, Balai PAUD dan DIKMA Yogyakarta, dan SEAMEO QITEP IN Mathematics. Selain itu juga kegiatan tersebut didukung oleh IKAPI DIY, Komunitas Pesta Pendidikan, Radio Edukasi, Jogja TV, Kedaulatan Rakyat, dan Radio Vedac.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Pekan Peringatan Hardiknas di provinsi Yogyakarta terdiri dari pameran pendidikan yang dilaksakan di Taman Pintar pada tanggal 21-23 April 2018, bazar buku yang dilaksanakan di Benteng Vredeburg pada tanggal 21-26 April 2018, ngobrol publik yang dilaksanakan di Benteng Vredeburg dan Taman Pintar pada tanggal 21-27 April 2018, pemutaran film pendidikan dan bioskop keliling di Benteng Vredeburg pada tanggal 22-26 April 2018.

Selanjutnya, menyelenggarakan kegiatan gelar seni budaya di Benteng Vredeburg pada tanggal 21-26 April 2018. Terakhir, akan dilaksanakan upacara peringatan Hardiknas disetiap UPT, dan diakhiri dengan ziarah ke makam Ki Hadjar Dewantara yang diikuti oleh 11 UPT Kemendikbud dan para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan di Yogyakarta.

Laporan : Wenty Apsari