PDIP Blak-blakan Bahas Pileg Hingga Pilpres Bareng Politikus Demokrat

Politikus Demokrat Agus Hermanto menyambangi markas DPP PDIP (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menyambangi Kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro pada Jumat (13/7). Kunjungan itu, dikatakan Agus, sebagai bentuk sarana menyambung silaturahmi antara PDIP dengan Demokrat dalam menghadapi jelang pemilu legislatif dan Pilres 2019 mendatang.

Sekjend PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan dirinya memiliki kedekatan cukup akrab dengan Agus Hermanto sejak lama, bahkan semenjak keduanya sama-sama kerja bareng di komisi VI DPR RI.

“Hari ini kami menerima kunjungan pak Agus Hermanto sebagai duta dari partai Demokrat, beliau adalah wakil ketua dewan pembina dari partai Demokrat yang memiliki beberapa jabatan strategis. Pak Agus Hermanto ini juga sahabat saya karena dulu sama-sama di komisi enam jadi sudah tau luar dalamnya kita berdua ini,” kata Hasto saat Konferensi pers.

Hasto menuturkan, kunjungan Agus ke kantor DPP PDIP dinilai baik guna mempererat hubungan silaturahmi PDIP dengan Demokrat. Terlebih hal tersebut menurutnya sesuai dengan semangat gotong royong yang ditunjukan oleh PDIP.

“Kami menyambut baik kunjungan Agus Hermanto karena apapun ketika kita bicara dedikasi bagi bangsa dan negara itu menjadi komitmen bagi seluruh partai politik, sehingga silaturahim ini sangat positif. Dan kami dengan tegas punya semangat gotong royong membangun dialog sebagaimana kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Megawati Soekarno Putri dan bapak presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Hasto mengatakan, pertemuan tersebut fokus membahas agenda penting nasional yaitu terkait pileg dan pilpres. Menurutnya, banyak kesamaan dan komitmen bersama yang akan disinergikan antara PDIP dan Demokrat dalam mengawal kontestasi pemilu. Bahkan terkait kerjasama antar fraksi guna mencapai syarat ambang batas pencalonan presiden juga tak lupa menjadi pembahasan.

“Kami membahas berbagai agenda-agenda nasional ke depan termasuk bagaimana pemilu legislatif dan presiden dapat dijalankan dengan baik, kedua partai punya komitmen untuk bersama sama mengawal pemilu dan meningkatkan kualitas pemilu dan juga tentu saja kami berbicara kerja sama di DPR RI antara fraksi partai Demokrat dan fraksi PDI Perjuangan,” tandasnya.

Menurut pantauan MONITOR di lokasi, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan beberapa kader PDIP yang hadir diantaranya Idam Samawi Ketua DPP bidang Ideologi, ibu Sri Rahayu Ketua DPP bidang Perempuan dan Anak, dan juga Prof Indrawan Ketua DPP bidang Perekonomian dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis.