Tak Cuma Ucapan, Ketua DPR Minta Ada Sambutan Khusus buat Zohri

Sujud Syukur: Lalu Muhammad Zohri melakukan sujud syukur usai menjadi yang tercepat dalam lomba lari 100 meter U-20 di Finlandia

MONITOR, Jakarta – Sukses Lalu Muhammad Zohri menjadi yang tercepat dalam lomba lari nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia menuai pujian dari sejumlah kalangan. Di antaranya, datang dari pimpinan DPR RI.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Ia mengaku bangga dan terkagum-kagum dengan prestasi Zohri diajang internasional itu.

”Saya bahkan merasa sangat bangga dengan pencapaian  Zohri. Karena ini menjadi bukti, bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu berbuat lebih di arena olahraga internasional,” ungkapnya bangga.

Menurut Bamsoet, prestasi Zohri ini harus dijadikan pelecut bagi pemerintah serta para pembina atlet olahraga. “Artinya, jika atlet olahraga kita dibina secara serius, bukan tidak mungkin banyak prestasi internasional yang bisa diraih,” tandasnya.

“Saya juga berharap pencapaian ini  dapat memotivasi para atlet nasional lainnya, yang akan berlaga di arena Asian Games di Jakarta dan Palembang, yang dimulai pada pekan kedua Agustus 2018,” tambahnya.

Bamsoet juga berharap, pemerintah memberikan sambutan khusus kepada Zohri, saat ia kembali di Tanah Air nanti. Selain itu, juga perlu dipertimbangkan pemberian penghargaan apa saja yang layak diberikan.

Dalam lomba lari nomor 100 meter di Finlandia, Zohri mencapai  finis dengan catatan waktu 10,18 detik mengalahkan dua pelari U-20 terbaik Amerika Serikat (USA) Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10,22 detik.

Catatan waktu itu, sekaligus memecahkan rekornya yang dipegang sprinter senior asal Indonesia, Suryo Agung Wibowo.