Rutan Mako Brimob Rusuh, Fadli Zon mengaku Gagal Paham

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan perlu adanya penjelasan  transparan dari pihak kepolisian terkait dengan kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, yang melibatkan bentrokan antara petugas rumah tahanan dengan narapidana terorisme, Selasa malam (8/5).

“Kalau menurut saya, ini satu kejadian yang luar biasa, karena bisa terjadi di pusat sebuah institusi yang harusnya paling aman. Kalau di Mako Brimob saja bisa terjadi, apalagi di tempat lain,” kata Fadli saat dihubungi, di Jakarta, Rabu (8/5).

Ia menilai perlu adanya upaya penyelidikan yang menyeluruh terhadap sistem yang ada di sana.

“Jadi harus ada transparansi apa yang terjadi sesungguhnya, latar belakangnya. Kalau di Mako Brimob saja bisa terjadi, apalagi di tempat lain. Jadi menurut saya perlu ada satu penyelidikan yang menyeluruh termasuk sistem yang ada di sana,” ucap pimpinan dewan bidang keamanan tersebut.

Apalagi,  sambung dia, banyaknya beredar foto-foto di media sosial (Medsos) mengenai kerusuhan tersebut.

“Menurut saya harus ada transparansi apa yang sebenarnya terjadi. Karena di sosmed kita menerima ada foto foto dan sebagainua yang memberitakan hal berbeda,” pungkas wakil ketua umum DPP Partai Gerindra itu.