Lembaga Survei Diminta Tak Buat Gaduh di Tahun Politik

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan (Foto: Rangga Darmawan/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan mengimbau agar para lembaga survei dapat menjaga netralitas untuk meminimalisir kegaduhan di tengah tahun politik ini.

“Ini perlu beberapa kali saya sampaikan, tolonglah yang terhormat para lembaga survei jangan juga membuat kegaduhan. Informasi yang asal-asalan ke arah propaganda kepada siapapun itu,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4).

Menurutnya, sebuah lembaga survei tidak perlu melakukan usaha untuk penggiringan dukungan suara. Sebab, dengan cara apapun tidak ada kepastian dari lembaga survei yang menyebut itu benar dan valid.

“Nggak usah ada penggiringan gitu lho. ini yang menyebabkan secara fakta alamiah juga dan ilmiah juga mengatakan tidak ada jaminan lembaga survei mana pun yang otomatis itu bisa yang diunggulkan. Lembaga survei mana pun lantas menjadi pemenang elektoral,” ujarnya.

Dengan begitu, Taufik beranggapan apa yang telah disebutkan Amien Rais pada saat ceramah di Balai Kota beberapa waktu lalu itu adalah suatu pernyataan sikap Amien Rais yang merasa ada ketidakadilan dan terkesan mengunggulkan salah satu pasangan calon seperti saat Pilgub DKI yang lalu.

“Karena satu hal sangat tidak fair. Kalau hanya lembaga survei itu hanya melulu mengungulkan salah satu calon. Dan kejadian ini bukan katanya ya, tapi sekali lagi fakta di dalam pilgub DKI tidak ada yang memenangkan pasangan lain kecuali memenangkan mutlak Ahok, ini pengalaman,” ungkapnya.

Taufik kemudian mengimbau agar KPU dan Bawaslu tak hanya diam menyikapi persoalan survei yang tidak netral. Ia pun berharap agar ada aturan secara tegas bagi lembaga penyelenggara survei.

“Maka dari itu harus diatur secara tegas lembaga survei ini jangan kemudian menggiring opini dari mana pun. Saya tidak merujuk ke satu dua lembaga survei, semuanya tolong dijaga kondusifitas iklim politik ini sesuai dengan permintaan pemerintah itu sendiri,” tandasnya.