Anang Ingatkan Pemerintah Tak Abaikan Defia Rosmaniar

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah (dok: kompas)

MONITOR, Jakarta – Emas perdana bagi Indonesia dipersembahkan Defia Rosmaniar dari cabang olahraga Takewondo. Anang Hermansyah pun mengingatkan agar Pemerintah tak abai terhadap atlit yang berprestasi dalam hajatan Asian Games 2018 ini.

“Saya hanya mengingatkan agar pemerintah benar-benar memberi perhatian kepada atlit yang berprestasi khususnya di ajang Asian Games ini,” ujar anggota Komisi X DPR RI ini di Denpasar, Bali, Senin (20/8).

Menurut Anang, capaian yang diraih para atlit khususnya Defia Rosmaniar sebagai peraih emas perdana bagi Indonesia harus menjadi momentum naik kelasnya profesi atlit sebagai pilihan profesi yang tidak dipandang sebelah mata.

“Prestasi atlit-atlit Indonesia dapat dijadikan role model bagi anak-anak Indonesia, bahwa menjadi olahragawan merupakan salah satu cara untuk mengabdi ke negeri ini. Termasuk profesi yang menjanjikan,” tegas Anang.

Musisi asal Jember ini menyebut cerita Joni, anak asal Atambua NTT yang videonya menjadi viral saat upacara HUT RI Kemerdekaan, yang enggan menjadi atlit tetapi lebih memilih sebagai tentara dapat dijadikan tolak ukur soal persepsi anak-anak atas profesi sebagai olahragawan.

“Saya kira nasib profesi olahragawan hampir sama dengan nasib profesi seniman, masih dipandang sebelah mata. Pandangan ini harus diubah, pemerintah memiliki peran penting untuk mengubahnya,” beber Anang.