Anang Hermansyah Sentil “Tambunnya” THR PNS

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi X DPR dari fraksi PAN, Anang Hermansyah sentil pemerintah terkait “tambunnya” alokasi anggaran untuk THR dan Gaji 13 PNS, TNI/Polri dan pensiunan. Pasalnya, saat yang bersamaan 736 ribu guru honorer hingga saat ini belum mendapatkan kejelasan.

“Alokasi anggaran untuk THR dan Gaji 13 utk PNS, TNI/Polri dan pensiunan sebesar Rp 35 triliun. Sebuah angka yang cukup tambun bila dibandingkan tahun lalu, mengalami kenaikan sekitar 68%,” ujar Anang, Jumat (25/5).

Menurut Anang, seharusnya pemerintah sebelum menetapkan anggaran THR tersebut, terlebih dahulu membuat prioritas program, sehingga tidak nampak mengesampingkan tenaga guru honorer.

“Bukan bermaksud untuk menolak kebijakan THR dan gaji 13 untuk PNS, TNI/Polri dan Pensiunan, namun semestinya pemerintah sejak awal membuat prioritas program. Bukan justru mengesankan jor-joran kepada PNS, namun tampak enggan dengan tenaga guru honorer,” tutur Musisi asal Jember, Jawa Timur ini.

Terakhir suami dari penyanyi terkenal Ashanty ini mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar di sisah masa jabatannya hingga Pilpres 2019 mendatang, Jokowi lebih memperhatikan nasib guru honorer.

“Saya berharap Pak Jokowi melakukan terobosan yang jitu untuk menyelesaikan persoalan guru honorer di sisa masa jabatan pak Jokowi. Karena faktanya, guru honorer kita tidak sedikit yang mendapat honor Rp 100 rb- Rp 200 rb,” pungkasnya.