PAN Akui Masuknya Demokrat jadi Energi Baru bagi Kubu Prabowo

Politikus Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay (dok: jitunews)

MONITOR, Jakarta – Pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kemarin, Selasa (24/7), disambut baik oleh Wakil Sekjend DPP PAN Saleh Partaonan Daulay.

Saleh melihat, Demokrat menunjukkan respon positif dan terbuka dengan koalisi yang dimotori Partai Gerindra dan PKS. Dengan masuknya partai berlambang bintang mercy itu, Saleh menilai akan menjadi energi baru bagi koalisi oposisi.

“Demokrat sangat welcome dalam koalisi ini. Mereka akan menjadi semangat dan energi baru bagi kami. Mudah-mudahan saja, Demokrat juga bisa semakin mencairkan komunikasi yang selama ini terkesan agak tersendat,” kata Saleh kepada MONITOR, Jakarta, Rabu (25/7).

Lebih jauh Saleh mengatakan bahwa dalam waktu dekat, ada pertemuan antara Gerindra, PAN, PKS dan Gerindra. Pertemuan tersebut rencananya akan membahas penetapan capres dan cawapres serta kesepakatan-kesepakatan lainnya.

Ia menegaskan, bahwa bagi PAN penetapan capres dan cawapres menjadi sangat penting untuk segera dilakukan. Sebab menurutnya, persiapan untuk mengikuti pilpres bisa semakin maksimal. Sebagai penantang, koalisi tentu membutuhkan persiapan yang lebih matang.

“Soal capres dan cawapres sebetulnya bisa segera dituntaskan. Yang penting masing-masing pihak menurunkan ego sektoralnya. Jangan semua pasang harga mati. Semua bisa didialogkan dan didiskusikan. Jika tidak selesai dalam sehari, dua hari; jika belum selesai tiga sampai empat hari,” imbuh wakil ketua komisi IX DPR RI ini.