Oso Ungkap Alasan Hanura Tak Melirik Kursi Cawapres Jokowi

Hanura pasrahkan penentuan cawapres ke Jokowi

MONITOR, Jakarta – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tak begitu tertarik mencalonkan kadernya untuk menjadi kandidat cawapres di perhelatan pesta demokrasi mendatang. Padahal saat ini, sejumlah parpol yang merapatkan dukungan ke kubu Joko Widodo berlomba-lomba menyodorkan sejumlah nama kadernya.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang mengaku partainya akan tetap mendukung Jokowi tanpa syarat apapun. Bahkan untuk urusan penentuan cawapres, politikus yang akrab disapa OSO ini menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

“Itu hak perogatif presiden. kita mendukung apa yang diputuskan. kita konsisten terserah Jokowi memilih siapa sebagai wakilnya, karena baik Wiranto sepakat mendukung Jokowi dan sepakat menyelesaikan tugasnya. Itu terserah Jokowi,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4).

Namun, apabila melihat dari hasil survey litbang Kompas yang menyebut Hanura berada di bawah 4 persen, OSO tetap optimis partainya sudah cukup siap menghadapi pilpres mendatang.

“Dulu 1 persen sekarang 4 persen ke bawah. Artinya, Hanura memang menentukan jadi kita jangan berandai andai. Tunggu tanggal mainnya,” tukasnya.

Dengan begitu, Ketua DPD RI ini merasa sangat yakin kalau partainya itu mampu memberikan kontribusi bagi bangsa. Selain itu, ia mengakui saat ini semakin bertambah kader yang mendaftar ke Hanura, sehingga ia menyimpulkan bahwa Hanura diterima cukup baik oleh masyarakat.

“Pasti insya Allah, karena semakin banyak orang mendaftar orang ke Hanura menjadi caleg, baik unsur DPD atau tokoh tokoh masyarakat dan mantan pejabat. Saya juga jadi bingung tapi ini tandanya bahwa Hanura diterima bangsa ini dan kalian pun mau mencaleg saya terima sumpah,” bebernya.