OSO Himbau Anggota DPD Tunjukkan Hasil Kinerja ke Media

MONITOR, Semarang – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang yang akrab dipanggil OSO meminta para anggota DPD harus semakin mampu menunjukkan capaian kinerjanya, sehingga harus rajin menyampaikannya kepada publik.

"Kita butuh menyampaikan pesan itu kepada publik, dan peran media sangat penting untuk menyampaikan pesan itu kepada masyarakat," kata Oesman Sapta Odang (OSO) dalam acara Refleksi Akhir Tahun DPD di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

OSO mengatakan DPD memiliki kekuatan penting karena menjadi representasi daerah dan kemakmuran nasional akan tercapai kalau masyarakat di daerah makmur.

Infrastruktur yang tidak berpusat di Jawa, menurut OSO, menimbulkan efek domino yaitu Indonesia makmur. Karena pembangunan merata di seluruh pelosok negeri, tidak jawa sentris seperti dulu.

"Tanpa daerah-daerah, tak ada yang namanya nasional. Karena itu pergantian tahun sebagai momentum bagi DPD untuk bangkit," ujarnya.

Pada refleksi akhir tahun DPD ini, OSO berharap lembaganya ke depan harus berkonsentrasi dalam menjalankan tugasnya dan tidak melakukan hura-hura.

Menurut OSO, DPD harus berani dan mampu bekerja sama dengan daerah sehingga target-target yang belum tercapai bisa terwujud di tahun depan.

"Bagaimana kalau kita maju dan berjuang namun daerah tidak menghargai apa yang kita lakukan. Ini bisa terwujud kalau pesan yang telah kita lakukan disampaikan melalui media," katanya.

OSO yang juga Ketua Umum Partai Hanura, menekankan bahwa DPD tidak bisa bangkit kalau media massa tidak memberdayakannya sehingga diharapkan pers dapat menyuarakan kinerja lembaganya secara jujur.

Di tempat yang sama, Ketua Komite I DPD, Ahmad Muqowwam, memaparkan Komite I selama ini menyoroti masih banyak kendala dalam implementasi UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Ia menjelaskan diperlukan adanya revisi aturan pelaksanaannya misalnya kuatnya pengawasan dana desa namun lemah pembinaannya.

"Pengawasan sangat kuat dengan dana desa namun pembinaannya kurang. Selain itu penguatan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah perlu dioptimalkan," kata Muqowwam.

Hadir dalam acara refleksi akhir tahun DPD itu antara lain Wakil Ketua DPD Nono Sampono dan Darmayanti Lubis, serta Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono