Nasdem Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2018

MONITOR, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem memastikan akan mengusung Khofifah Indar Parawansa dalam pertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur pada 2018.

"NasDem pasti mengusung Ibu Khofifah dan di Jatim komunikasi politiknya sudah berlangsung. Kami akan membentuk koalisi bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)," kata Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat dikutip dari ANTARA, Selasa (25/9)

Menurut Johnny deklarasi untuk mengusung Menteri Sosial itu akan disiapkan setelah pembicaraan terkait wakil yang akan menemani Khofifah di Pilkada Jatim, selesai.

"Respon Ibu Khofifah sangat baik, namun kami menunggu keputusan presiden untuk melepas atau mengganti Ibu Khofifah. Kalau belum dapat izin dari presiden, kami tetap menunggu keputusan Ibu Khofifah, ujarnya.

Johnny menambahkan Khofifah merupakan figur yang tepat untuk memimpin Jatim. Khofifah dinilai memiliki kapabilitas untuk memimpin Jatim, sebuah wilayah yang memberikan dampak domino terhadap wilayah Indonesia Timur.

"Perlu diingat kebijakan Gubernur Jatim tidak semata-mata berdampak pada rakyat Jatim. Tetapi pada wilayah Indonesia bagian timur," tutur Johnny.

Hal itu dikarenakan Jatim merupakan gerbang ekonomi wilayah Indonesia bagian timur. Misalnya, inflasi yang terjadi di Jatim akan berdampak terhadap kenaikan harga barang-barang kebutuhan Indonesia Timur.

Setiap ada perubahan kebijakan ekonomi di Jatim, tambah dia, maka ada dampak terhadap komoditas asal wilayah Indonesia bagian timur yang diperdagangkan di bagian barat.

"Maka kami juga memperhatikan memilih Gubernur Jatim yang dalam kebijakannya bukan hanya untuk Jatim, tetapi ada multiflyer effect pada masyarakat Indonesia bagian Timur. Jadi penting sekali memilih pemimpin yang tepat," ujar Johnny. (ANT)