Menteri Jonan Raih Anugerah Widyaiswara Ahli Utama dari LAN

MONITOR, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, hari ini, Senin (7/8), menerima Anugerah Widyaiswara Ahli Utama dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) atas kontribusi dan dedikasi Menteri yang tinggi terhadap pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saya beberapa kali kuliah umum di Diklat PIM 1 dan juga menjadi pembimbing, saya catatkan bahwa orang yang masuk di kependidikan di LAN, terutama di PIM 1 atau ke bawah, itu sebaiknya bukan hanya semata-mata untuk kenaikan pangkat atau kenaikan golongan. Ini penting sekali," ujar Jonan dalam sambutannya di Kantor LAN Jakarta.

Jonan menyarankan kepada LAN untuk terus dapat membuat kurikulum yang dapat meningkatkan minat belajar kediklatan. "Yang penting ini, insight-nya apa? Pengetahuan yang didapat apa? Dibanding dengan selesai ini dapat sertifikat," lanjut Jonan.

Jonan juga berpesan bahwa bekerja di sektor apapun, di bidang apapun, penting untuk menjadi seorang guru yang baik. "Jadi guru yang baik itu adalah guru yang selalu update dengan pengetahuan yang masih terus berkembang. Sebelum jadi Menteri dulu saya jadi guru," ungkapnya.

Jonan berharap ke depan LAN dapat mengundang banyak pengajar dari sektor swasta dan stakeholder pemerintah lainnya untuk memberikan pemahaman yang lebih luas. "Banyak upaya besar, banyak progress yang di luar sektor kita. Banyak sekali," jelas Jonan.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Kepala LAN Adi Suryanto menjelaskan, Anugerah Widyaiswara Ahli Utama adalah jenjang tertinggi Jabatan Fungsional Widyaiswara yang mempunyai tugas utama melakukan pendidikan pelatihan dan pengajaran (dikjartih) dalam pelatihan ASN. Selain Menteri ESDM, penghargaan serupa juga diberikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Menteri Pariwisata.

"Bapak Menteri ESDM ini sebelum jadi Menteri, beliau dulu selalu membantu, mendiskusikan diklat-diklat, dan beliau selama sekian bulan, terus menembus mengembangkan ASN Indonesia. Luar biasa. Dan beliau telah menginspirasi banyak pemimpin-pemimpin, di diklat PIM 1, 2, sehingga mereka punya semangat (perubahan)," ujar Adi Suryanto.

Ia menyampaikan penganugerahan ini disampaikan dalam rangka peringatan hari ulang tahun LAN ke-60. "Hari ini kami juga sepakat untuk memperkuat ASN kita, pegawai negeri sipil kita, yang memiliki karakter sebagai pelayan masyarakat, sebagai Leader of The State," pungkas Adi