Menteri Budi Pantau Aktivitas Kapal Tol Laut di Surabaya

MONITOR, Surabaya – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kapal tol laut yang dioperasikan oleh perusahaan swasta yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, cukup baik karena sudah memiliki derek (crane).

"Saya ke sini untuk memastikan bahwa kapal tol laut berjalan dengan baik. Secara teknis sudah baik karena ada crane di atas kapal. Biasanya kan tidak ada sehingga membuat waktu bongkar jadi panjang," katanya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu petang.

Meskipun kondisi kapal sudah baik, namun dia akan memastikan barang yang diangkut. Terkait barang tersebut milik siapa dan apakah sudah memberikan harga yang baik. "Secara umum harga turun tapi ingin lagi bisa harga lebih pasti lagi," katanya.

Secara umum, Menhub menyatakan barang kebutuhan sehari-hari di Indonesia timur sudah tersedia dan tidak ada kelangkaan serta harga telah turun 20 persen.

Namun harga turun 20 persen itu baru di kota yang menjadi tujuan tol laut sehingga untuk menurunkan harga di kota-kota lain membutuhkan tol udara untuk menjangkau daerah pedalaman.