Mentan Apresiasi Bupati Gorontalo Atas Niatnya Mengembalikan Kejayaan Kelapa

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan bibit kelapa dan pupuk bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

"Kami berikan bibit gratis, pupuk gratis untuk perkebunan dan hortikultura yang kita programkan tahun ini melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP)," ujar Mentan Amran di Gorontalo.

Amran juga mengungkapkan apresiasi dan dukungannya akan niat Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang ingin mengembalikan kejayaan kelapa.

"Ke depan, bantuan untuk Gorontalo akan kami tambah, karena Pemerintah Daerah serius dalam memajukan pertanian, maka Pemerintah Pusat akan lebih serius," ungkap dia.

Total bantuan untuk Kabupaten Gorontalo berjumlah Rp2,9 miliar, sedangkan secara keseluruhan bantuan yang diserahkan ke Provinsi Gorontalo berjumlah Rp39 miliar.

Kunjungan kerja Mentan ke Gorontalo untuk melaksanakan sejumlah agenda, di antaranya melepas pengiriman jagung antarpulau sebanyak 2.350 ton, juga melaksanakan panen padi di Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.

Dalam kesempatan itu juga terkait dengan bantuan di antaranya mesin alat pertanian (Alsintan) yang ada pada kementerian pertanian, Mentan berharap agar kepala dinas tidak sekadar mengirimkan proposal permohonan bantuan, kalau perlu nanti bantuan sudah di tangan baru bisa pulang kembali ke daerah.

Ia menegaskan lewat program Gerakan Pemuda Tani (Gempita) yang terus mengembangkan sektor pertanian, itu adalah masa depannya pertanian dan harus didukung karena mereka adalah generasi penerus.