Menkominfo Prihatin, Akses Internet Masih Minim di Daerah

MONITOR, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyebut pemerintah dan Kemenkominfo bukan hanya sebatas regulator saja. Melainkan, sambung dia, pemerintah juga harus menjadi fasilitator dan akselerator.

Rudi, sapaan akrab Menteri Rudiantara, mengungkapkan bahwa masih banyak ratusan ribu sekolah di Indonesia yang belum mampu menikmati kecanggihan teknologi internet. Kondisi ini, kata Rudi, tentu harus direspon baik oleh pemerintah Jokowi.

"Ada sekitar 262 ribu sekolah di Indonesia, itupun belum semuanya terhubung internet, kita ingin proses belajar mengajar memanfaatkan internet," ujar Rudiantara dalam rangka HUT ke-18 Serikat Karyawan TELKOM dan seminar dengan tema 'Mendorong Regulasi OTT (Over The Top) Yang Berkeadilan' di Gedung Sapta Pesona Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta, Kamis, (22/3).

Lebih jauh ia menambahkan, selain sektor pendidikan, fasilitas  publik lainnya juga membutuhkan bantuan intrnet. Misalkan di desa, terang Rudi, apabila ada orang sakit seharusnya tidak harus direpotkan untuk membawa dan mengurus keperluan administrasi seperti KTP, dan surat-surat lainnya.

"Orang sakit itu harusnya membawa diri saja," tambah Rudiantara.

Disambung Rudi, ketersediaan internet di rumah sakit akan semakin memudahkan akses pelayanan bagi para pasien.

"Rumah sakit di desa juga perlu internet, jangan hanya di kota saja. Hal itu akan menjadi lebih mudah dalam berakses," tegasnya.