Menko Ekonomi Sebut Inflasi Indonesia Masih ‘Oke’

MONITOR, Jakarta  – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan laju inflasi Indonesia bergerak ke arah yang semakin baik. Menurut Darmin pergerakan itu diproyeksikan berada di bawah empat persen (4%).

"Inflasinya masih oke. Kita akan bergerak ke bawah angka empat persen," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (16/10).

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut menjelaskan salah satu ciri tahun yang baik ini terlihat dari segi pangan. Dimana kondisi hujan sepanjang tahun yang cukup atau tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Darmin juga mengatakan bahwa kondisi musim setelah periode musim panen Febuari bergerak ke arah yang lebih baik untuk pangan. Hal tersebut terutama berpengaruh pada produksi padi.

"Sehingga, kelihatannya tahun ini kita tidak akan mengimpor beras. Kecuali beras-beras khusus, seperti beras untuk penderita diabetes, dan lain-lain," paparnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September 2017, Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,13 persen, sehingga inflasi untuk tahun kalender 2017 menjadi senilai 2,66 persen.