Mengidamkan Bangsa yang Maju, Begini Pesan Ketua MPR

MONITOR, Magelang – Banyaknya populasi muslim di Indonesia menjadi salah satu kekuatan bagi negara Indonesia untuk maju memimpin dunia di berbagai sektor. Hal itu diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Zulkifli kembali menegaskan, jumlah tersebut sangat berpotensi untuk dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik untuk memajukan negara Indonesia.

"Jumlah umat Islam di Indonesia sekitar 85 persen dari sekitar 260 juta jiwa penduduk Indonesia. Ini jumlah yang sangat besar, tapi sebagian besar belum dapat dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik," ujar Zulhass, sapaan akrabnya, saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/9).

Tak hanya menilik jumlah populasi, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyatakan ada tiga syarat lain yang harus dimiliki umat Islam agar menjadi bangsa yang maju.

Pertama, memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni. "Setiap jiwa bangsa Indonesia wajib menuntut ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan," ujarnya.

Kedua, saling percaya antara satu elemen masyarakat dengan lainnya, dan terakhir sistem nilai. "Ketiga syarat tersebut adalah, ilmu pengetahuan, saling percaya, dan sistem nilai," terangnya.

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah tokoh, diantaranya anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Tjatur Sapto Edy, putra Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, Bupati Magelang Zainal Arifin, dan Pimpinan Daerah (PDM) Kabupaten Magelang Djumari.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia