Mengabdi Puluhan Tahun, 120 Pegawai Raih Penghargaan SLKS

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 120 pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR/DPR/DPD RI meraih penghargaan Satya Lencana Karya Satya. Penghargaan ini disematkan bagi para aparatur sipil negara (ASN) yang sudah mengabdi selama sepuluh tahun.

Pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar Senin (30/10) pagi di halaman gedung Setjen dan Badan Keahlian DPR itu, penyematan lencana langsung diberikan oleh para pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR, DPR, dan DPD RI. Pemberian penghargaan ini berdasarkan Keputusan Presiden No.67/TK/2017 tanggal 25 Juli 2017 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Bertindak sebagai inspektur upacara Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono. Dalam upacara kali ini, selain pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 juga dibacakan Keputusan Kongres Pemuda Tahun 1928. Momentum Sumpah Pemuda ini, ingin mengingatkan kekuatan pergerakan pemuda Indonesia yang mampu menyatukan visi kebangsaan untuk Indonesia merdeka.

Dalam sambutannya, Ma’ruf membacakan salinan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi. Salah satu petikannya mengatakan, para pemuda dari berbagai daerah terpencil di Indonesia bertemu di Kwitang, Jakarta untuk mendeklarasiakn suara pemuda Indonesia. Tersebutlah nama Moh. Yamin dari Swahlunto, Sumatera Barat, Yohanes Leimena dari Ambon, Maluku, dan Katjasungkana dari Madura, Jawa Timur.

Ketiga tokoh pemuda ini merupakan representasi kelompok pemuda waktu itu yang berjumlah 71 pemuda dari seluruh tanah air. Mereka datang dengan menumpangi kapal laut berminggu-minggu untuk sampai ke lokasi kongres di Jakarta. Deklarasi dan komitmen bersama pun disuarakan, yaitu Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia.