Masyarakat Tani NTT Bahagia Sambut Panen Perdana Upsus Jagung

MONITOR, Timor Timur Selatan – Masyarakat Tani di Kabupaten Timor Tengah Selatan tengah bersuka ria. Mereka melakukan panen jagung di hamparan selas 50 hektar dengan total produksi mencapai 5,1 tob/ha di Desa Abi, Kecamatan Oenino, Tabu (11/4) kemarin. Diketahui, Kabupaten Timor Tengah Selatan saat ini memiliki 84.500 hektar lahan jagung dan 10.000 hektar sawah, sementara 5000 hektar adalah tehknis irigasi.

Ani Andayani selaku Staf Ahli Menteri Pertanian, Bidang Infrastruktur, yang hadir mewakili Menteri Andi Amran Sulaiman berharap agar masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Selatan dapat memanfaatkan semua bantuan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan keluarga petani.

“Hari ini kita juga bagikan kartu tani, melalui Bank BNI, ada 546 kelompok tani mendapatkan kartu tani di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini,” ujar Ani.

Selain itu, Ani menjelaskan Desa Abi saat ini mendapatkan suntikan bantuan dari Kementan berupa 1 unit Traktor roda empat. “Pemerintah memang tidak mungkin memberikan bantuan untuk setiap rumah tangga petani, keterbatasan anggaran dan banyaknya jumlah petani di seluruh Indonesia, maka pilihan kita memberikan bantuan dalam bentuk kelompok,” kata Ani yang juga merupakan penanggungjawab Upsus PaJaLe (Padi, Jagung dan Kedelai) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kami yakin bila kelompok ini kemudian membentuk “Brigade” Alat Mesin Pertanian” yang di koordinir Pemda dan Babinsa, pasti efektif, semua Petani dalam kelompok dapat memanfaatkan alat mesin dengan efisien,” tambahnya lagi dengan nada tegas.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Timor Tengah Selatan, Paulus V.R. Mella, mengucapkan rasa terimakasih kepada kementerian pertanian, khususnya Mentan Andi Amran Sulaiman. “Walau tidak bisa hadir memenuhi keinginan kami, masyarakat TTS, namun doa kami selalu mengiringi semua aktivitas beliau dan kami juga bersyukur saat ini, ibu staf ahli menteri pertanian, bisa hadir disini,” ujar sang Bupati.