Masuki Masa Tenang, Ini Pesan Ketua DPR soal Pilkada

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di kompleks parlemen (dok: Bambang Soesatyo)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan masyarakat agar cermat dalam menggunakan hak suaranya untuk memilih kepala daerah yang akan digelar di 171 wilayah, pada Rabu (27/6) nanti.

Ia berharap, hasil pilkada kedepan dapat menghadirkan para abdi masyarakat yang punya kompetensi sebagai pemimpin daerah, paham manajemen birokrasi, visioner, bersih serta jujur dan mau menanggalkan kepentingan pribadi serta kelompok demi semata-mata memprioritaskan kepentingan warga.

“Maka, warga pemilih pun hendaknya menggunakan hak pilih dengan bijaksana, berpijak pada independensi, pikiran jernih serta penilaian objektif terhadap setiap pasangan kandidat calon kepala daerah,” kata Bamsoet, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (25/6).

Ia mengatakan, para pemilih harus mengutamakan rasionalitas. Sebab, esensi Pilkada adalah memilih pemimpin daerah yang mau melayani dan bukan dilayani, mengayomi semua elemen masyarakat dan paling tahu yang dibutuhkan daerah dan warganya.

“Pilih kandidat yang mau bekerja keras dan ulet mencari jalan keluar atas setiap permasalahan daerah. Pilih pemimpin yang tampil dengan rencana-rencana yang realistis dan tidak menggerogoti APBD (anggaran belanja dan pembangunan daerah),” sebutnya.

Politikus Golkar itu juga mengatakan, saat ini tahapan Pilkada 2018 sedang berada dalam masa tenang yang berlangsung sejak Minggu (24/6) hingga besok (26/6).

Karena itu, diharapkan para pemilih bisa memanfaatkan masa tenang untuk menetapkan pilihan mereka dengan pertimbangan matang. “Berpikir jernih dan objektif dalam menilai sosok calon pemimpin daerah menjadi sangat penting guna menghindari kesalahan memilih,” pungkas Bamsoet.