Majelis Syuro PKS Akan Bertemu Gerindra Bahas Peta Koalisi

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Usai bertemu dengan Demokrat, Partai Gerindra dikabarkan akan  melakukan pertemuan dengan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk membahas pematangan koalisi.

Hal tersebut pun diamini oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid. Ia mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas sikap dan pandangan masing-masing dari PKS dan Gerindra terkait perkembangan peta politik dalam koalisi.

“Insyaallah pak Prabowo akan menemui Ketua Majelis Syuro PKS tentu untuk membicarakan kelanjutan dari pada perkoalisian ini. Sampai hari ini memang kondisinya masih dinamis. Ada beragam perkembangan di pak Jokowi, di Gerindra dan Demokrat ada perkembangan, PKS masih seperti yang dulu,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/7).

Ia menegaskan, dalam koalisi yang terpenting ialah bagaimana saling menghormati dan dapat menerima segala yang menjadi keputusan bersama, termasuk membahas nama Capres-Cawapres yang akan diusung koalisi.

“Koalisi terpenting saling menghormati dan saling menerima dan pks sudah menyampaikan beberapa pendapatnya sikapnya, mari kita bahas bersama-sama dalam konteks semuanya saling memberi dan menerima,” imbuhnya.

Kemudian, menurutnya, berbicara Pilpres tidak hanya saja membahas masalah survei saja. Sebab, kalau hanya survei sudah dipastikan siapa pemenangnya dan tidak perlu lagi ada Pilpres. Ia mencontohkan terkait survei pada Pilgub yang tak menunjukan kebenaran yang valid.

“Lembaga survey kan sudah membuat hasil, sekalipun lembaga survey merilis hasilnya bagaimana pilgub di Jateng maupun Jabar, maupun di DKI tidak serta merta survey itu adalah hasil akhir,” ujarnya.

Meski begitu, Hidayat mengatakan bahwa PKS dalam kondisi apapun siap untuk mengikuti dinamika politik yang terus bergulir. Selain itu, rencana pertemuan untuk menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol juga menjadi agenda PKS selanjutnya.

“PKS mengikuti seluruh perkembangannya dan kami siap untuk bertemu dengan (gerindra), dari pihak demokrat juga sudah kontak untuk bertemu, prosesi pertemuan selanjutnya pasti akan dikerjakan melalui kawan-kawan kami di DPP PKS,” ungkapnya.

Namun, terkait akan dimana lokasi dan pukul berapa pertemuan antara Gerindra-Majelis Syuro PKS itu, Hidayat masih enggan untuk membocorkannya. Ia menyerahkan persiapan tersebut ke pengurus DPP PKS.

“Nanti yang menjawab adalah DPP tentang di mana pertemuannya. Insyaallah hari ini,” katanya.