Lewat Film, MPR RI Kembangkan Pola Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

MONITOR, Labuan Bajo – Pola sosialisasi empat pilar MPR RI akan terus dikembangkan sebagai upaya peningkatan pemahaman bernegara kepada masyarakat, terutama tentang pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kepala Biro Humas MPR RI Siti Fauziah dalam pertemuan dengan praktisi ahli media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (2/12) mengatakan metode baru dalam sosialisasi terus dikembangkan sehingga empat pilar kebangsaan bisa dipahami oleh seluruh elemen masyarakat.

Ia mengatakan pihaknya terus membuka diri dan melakukan evaluasi pola-pola komunikasi yang dilakukan kepada masyarakat dalam memaksimalkan program empat pilar MPR RI ini.

"Dengan masukan yang ada maka metode sosialisasi empat pilar kebangsaan ini akan terus dikembangkan," paparnya pada acara dengan tema 'Media Expert Meeting' seperti yang diliris kepada MONITOR, Minggu (3/12).

Salah satu pola sosialisasi yang akan dikembangkan adalah melalui medium film animasi dan film pendek sehingga bisa diterima oleh kalangan yang lebih luas, terutama generasi mineal saat ini yang sudah melek teknologi dan informatika.

"Kita terus kembangkan dari masukan yang ada, termasuk diantaranya sosialisasi lewat film animasi atau pun film pendek" ujarnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri praktisi media yang mewakili 39 media tersebut juga didiskusikan sejumlah masukan terkait program sosialisasi empat pilar yang sudah berjalan.

Beberapa masukan diantaranya, pola sosialisasi yang dilakukan dengan kehadiran pimpinan MPR RI ke sejumlah sekolah, masukan pengembangan penyebaran informasi secara digital dan juga perlunya mempersiapkan pogram terkait pencegahan berita hoax dan ujaran kebencian.