Kunjungan Panglima TNI Ditolak, Menteri Pertahanan AS Minta Maaf

MONITOR, Jakarta – Pemerintah AS melalui Menteri Pertahanan James Mattis telah menyatakan permohonan maafnya ke pemerintah Indonesia. Hal ini diutarakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Kolonel Totok Sugiarto.

Permohonan maaf itu disampaikan Mattis saat bertemu langsung Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di acara ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM)-Plus, di Filipina, Senin (23/10).

"Permintaan maaf disampaikan secara khusus sebellum Menhan AS bertemu para Menhan ASEAN, yang saat ini sedang melakukan pertemuan tahunan," ucap Totok Sugiarto.

Perlu diketahui, Panglima TNI Gatot Nurmantyo berniat memenuhi undangan yang dikirim langsung oleh Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jendral Joseph F. Durfort. Rombongan direncanakan berangkat menumpangi pesawat Emirates Airlines, dari bandara Soekarno-Hatta, Sabtu kemarin (21/10).

Namun rombongan batal berangkat, setelah petugas dari maskapai, menginformasikan pelarangan terhadap Gatot Nurmantyo dan istri, oleh pemerintah AS.