KRPL Belitung Berpotensi Entaskan Kemiskinan Pangan

MONITOR, Bangka Belitung – Dalam kunjungan kerja ke kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi selain melakukan pemantauan harga pangan di pasar Tanjung Pandan,  juga mengunjungi Kelompok KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Bunga Mekar Desa Renggiang Kabupaten Belitung Timur.

Menurut Agung, Bangka Belitung mempunyai potensi besar mengembangkan produk hortikultura seperti sayur dan buah-buahan. 

"Daerah ini harus mengembangkan sayuran dan buah-buahan karena potensinya cukup besar," ujar Agung, dihadapan anggota Kelompok Wanita Tani Bunga Mekar, desa Rengiang, Belitung, Sabtu (23/12). 

Agung berpendapat, jika semua lahan pekarangan dioptimalkan pemanfaatannya, selain mampu mencukupi kebutuhan pangan keluarga, juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Saya meminta agar KRPL di Belitung ini dikembangkan dalam satu kawasan desa, karena potensinya cukup besar. Hasilnya selain bisa dikonsumsi sendiri, juga dijual," ujar Agung. 

"Kalau perlu lahan-lahan dipinggir jalan ditanami buah-buahan, hasilnya bisa dijual kepasar, dan rumah makan bahkan ke hotel-hotel untuk memenuhi kebutuhan pangan para wisatawan," tambah Agung. 

Menurut Agung, dengan mengembangkan KRPL, selain kecukupan pangan beragam bergizi seimbang dan aman bagi keluarga bisa terpenuhi dari pekarangan sendiri, juga bisa mengatasi kerentanan rawan pangan dan pengentasan kemiskinan.

"Kalau KRPL ini ditangani serius, manfaatnya sangat besar. Untuk itu, saya titip kepada Dinas Pangan Provinsi dan Kabupaten, tidak hanya mengembangkannya, tetapi juga melakukan  melestarikan agar berkelanjutan," tegas Agung.

Menurut Kepala Dinas Pangan Bangka Belitung, Ahmad Damiri, pihaknya sangat mengandalkan KRPL agar kecukupan pangan keluarga bisa dipenuhi dari pekarangan sendiri.

"Bangka Belitung ini sebagian besar buah dan sayur masih didatangkan dari luar, sehingga konsumsinya baru sekitar 40 persen dari standar yang dianjurkan. Karena itu kami akan kembangkan KRPL lebih banyak lagi sesuai arahan Gubernur," kata Ahmad Damiri.

Sedangkan Kepala Pertanian Belitung Timur, Hamali, mengatakan, pihaknya akan menambah jumlah KRPL. 

"Karena manfaatnya sangat besar dan dirasakan langsung masyarakat, kami akan terus kembangkan kedaerah lainnya," ujar Hambali.

Sedangkan Ketua KWT Bunga Mekar, Liken Suharti sangat merasakan manfaat KRPL.

"Melalui hasil panen dari pekarangan sendiri, kami bisa mendapatkan sayur dan buah yabg lebih segar untuk dikonsumsi, dan sisanya kami jual" kata Suharti.

Dialog Kepala BKP dengan KWT Bunga Mekar ini juga dihadiri  Ketua Tim Penggerak PKK Beltim Susy Siswari Yuslih Ihza.