Komisi X DPR Sebut Harga Tiket Opening Asia Games XVIII Sudah di Luar Batas!

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Moh. Nizar Zahro mengingatkan agar Inasgoc bertindak rasional dalam menentukan harga tiket opening ceremony Asian Games XVIII.

Hal itu menanggapi kritik yang dilontarkan Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengenai harga tiket berkisar dari Rp750 ribu hingga Rp50 juta.

“INASGOC diharapkan bertindak rasional dalam menentukan harga tiket opening ceremony Asian Games. Harga tiket Rp. 750 ribu hingga Rp. 5 juta sudah di luar batas kemampuan rakyat,” kata Nizar saat dihubungi MONITOR, di Jakarta, Minggu (8/7).

Menurut dia, dengan harga setinggi itu hanya orang kaya saja yang sanggup membelinya. Padahal negara sudah menyubsidi triliunan rupiah terkait penyelenggaraan acara tersebut.

“Mestinya dengan subsidi yang mencapai triliunan, INASGOC tidak perlu lagi mengambil keuntungan yang terlalu besar dari harga tiket,” paparnya.

INASGOC, sambung Nizar, perlu mengingat bahwa ini adalah pesta olahraga bagi seluruh rakyat, bukan semata-mata hanya ditujukan untuk orang kaya saja.

“Negara pun sudah menyubsidi hingga triliunan rupiah. Jika demikian, patut dipertanyakan penggunaan uang triliunan itu,” ujarnya.

“INASGOC harus segera menurunkan harga tiket supaya terjangkau oleh rakyat. Jika harga tiket masih setinggi langit, dikhawatirkan rakyat akan memboikot penyelenggaraan Asian Games,” pungkas politikus Gerindra itu.