Komisi IX Desak Presiden Segera Tunjuk Kepala BKKBN yang Baru

MONITOR, Jakarta- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mendesak Presiden Jokowi untuk segera menetapkan kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang baru. 

Pasalnya, program pengendalian penduduk dan keluarga berencana sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi, pemenang kompetisi global yang terjadi saat ini sangat ditentukan oleh SDM yang dimiliki oleh suatu bangsa.

“Kepala BKKBN kan sudah beberapa bulan ini kosong. Saat ini dijabat oleh seorang pelaksana tugas. Sebagai pelaksana tugas, tentu tidak semua kebijakan strategis dapat dikerjakannya,” kata Saleh kepada MONITOR, Jumat (9/3).

Menurutnya, selain pengendalian penduduk, masalah lain yang penting diperhatikan adalah bagaimana menjadikan BKKBN sebagai salah satu ujung tombak dalam kampanye pemenuhan gizi bayi sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. 

Untuk itu, kampanye pemenuhan gizi ini diharapkan dapat mengurangi malnutrisi yang masih banyak ditemukan di beberapa daerah.

“Kampanye-kampanye tersebut diyakini dapat dilakukan secara massif karena BKKBN memiliki PLKB (petugas lapangan keluarga berencana) yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Saleh.

Meski demikian, Saleh tidak begitu mempersoalkan mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh presiden untuk mengisi kekosongan kepala BKKBN itu. Menurutnya, Selama pejabat yang akan ditunjuk memiliki kualifikasi, tentu ia akan senang bekerjasama dengannya. 

“Ini kan beda dengan KPPU yang mesti ada timsel dan ada proses di DPR. Ini murni hak dan kewenangan presiden. Semestinya tidak perlu lama untuk mengangkat pejabat baru. Yang penting jangan kosong seperti ini,” tegas Anggota DPR dari Fraksi PAN ini.