Komisi IV DPR Soroti Ketidakberesan sektor Hulu terkait Ketahanan Pangan

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR Fadholi mengatakan, dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional setidaknya perlu melihat dari sektor hulu yang dapat mempengaruhi komitmen tersebut.

Diantaranya, dalam menyediakan infrastruktur bagi peningkatan produktifitas para petani.

"Tadi disebut dalam diskusi ini lebih banyak menyoroti masalah beras, persoalannya kalau kita rinci dari hulu dan hilir harus kita lihat. Kesedian lahan kita cukup dengan terus melakukan perluasan," kata Fadholi dalam acara Forum MONITOR bertajuk 'Komitmen Tantangan Ketahanan Pangan Nasional', di Restoran Pulau Dua, Senayan, Rabu (21/3).

"Petani tidak bisa berproduksi baik bila infrastruktur tidak disediakan dengan maksimal, dan berapa persen infrastruktur yang sudah tersedia. Salah satunya persoalan irigasi hingga persoalan keberadaan sumber air," tambahnya.

Menurut dia, bila infrastruktur tidak tertata dengan baik, maka produksi tidak bisa dilakukan secara maksimal dan ini yang sedang dilakukan Kementerian Pertanian namun belum memenuhi syarat.

"Karena angaran kementerian pertanian 25 triliun dengan tanggungjawab yang sangat besar yang bila dikaji setidaknya membutuhkan angaran mencapai 60 triliun untuk menyedikan itu. Sehingga hanya sebagian kecil penyaluran untuk infrastruktur itu sendiri," papar politikus Nasdem tersebut.

"Kalau dari hulu belum diselesaikan dengan baik, dan ditambah dengan persoalan musim juga menjadi faktor yang bermasalah terhadap produksi pangan dalam negeri," pungkasnya.