Kominfo ajak Netizen Vote Komunitas TIK Indonesia di Anugerah Tahunan PBB

MONITOR, Jakarta – Sejumlah inisiatif unggulan dari komunitas teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia berhasil masuk dalam nominasi tahunan Anugerah World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2012. 

Sebagai informasi, pada WSIS Prizes 2016 ada 3 (tiga) nominator dari Indonesia yang menghasilkan 1 Champion (Juara Kedua), sedangkan pada WSIS Prizes 2017 terdapat 18 inisiatif Indonesia yang menghasilkan 1 Winner (Juara Pertama) dan 4 Champion. Sedangkan untuk tahun 2018 sendiri ada 17 inisiatif unggulan Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informasi Kementerian Kominfo Samuel A Pangarepan mengatakan Indonesia menjadi nominator tersebar pada 8 kategori yang berbeda, dari total 18 kategori yang dikompetisikan. 

Saat ini ke-17 inisiatif tersebut membutuhkan vote agar dapat melaju ke babak berikutnya, yaitu penentuan 5 (Iima) perolehan suara tertinggi yang kemudian akan dinilai oleh tim pakar untuk mendapatkan 1 (satu) Winner dan 4 Champion per kategori. 

"17 inisiatif indonesia tersebut merupakan bagian dari 463 inisiatif dari berbagai negara yang menjadi nominator, basil saringan oleh tim pakar PBB dari ratusan pendaftar yang masuk," kata Samuel di Jakarta, Sabtu (3/2).

Untuk itu lanjut Samuel Kementerian Komunikasi dan informatika mengajak seiuruh netizen Indonesia untuk melakukan one man one vote secara online melalui situs http://s.id/pilihindonesia dengan batas waktu hingga 18 Februari 2018. 

"Dengan masuknya 17 inisiatif Indonesia sebagai nominator pada Anugerah WSIS 2018, ini menunjukkan bahwa secara global karya lndonesia setara dengan negara lain yang ada di dunia," ujarnya.

Semuel pun meminta agar semakin banyak orang Indonesia yang berani belajar berkompetisi melalui berbagai ajang yang ada.

"Melalui kompetisi global sekelas yang diampu oleh PBB seperti ini, kita jadi bisa mengukur kemampuan dan potensi diri," tambahnya.

Adapun tahapan pada Anugerah WSIS 2018 yaitu pendaftaran, penentuan nominator oleh para pakar yang ditunjuk PBB, pemungutan suara secara global untuk menentukan 5 (lima) champion (juara kedua) per kategori, dan pada akhirnya para pakar PBB akan memilih 1 (satu) pemenang winner (juara pertama) per kategori. 

Adapun prosesi upacara penyerahaan penghargaan bagi winner maupun champion akan dilaksanakan saat Sidang WSIS Forum 2018 di Jenewa, diserahkan langsung oleh Sekjen ITU, antara 19-23 Maret 2018. 

Cara Melakukan Voting : 
1. Masuk ke situs http:/ls.id/pilihindonesia lalu pilih opsi "vote". 

2. Log in (atau buatlah akun terlebih dahulu bila belum memilikinya). 

3. Pilih satu per satu kategori yang ada dan klik ”votefor this project” (Perhatian: Pastikan benar project yang memang Anda ingin vote sebelum melakukan klik "vote for this project”).

 4. Agar vote Anda sah dan dapat/berhak dihitung, maka Anda HARUS tuntas melakukan vote satu per satu untuk seluruh 18 (delapan belas) kategori yang ada. 

5. Khusus untuk kategori nomor 1, 2, 3, 4, 10, 11, 13, 16 sangat direkomendasikan Anda vote salah satu inisiatif Indonesia sebagaimana daftar inisiatif terlampir di bawah ini.

 6. Setelah Anda melakukan vote ke seluruh 18 kategori maka di web akan muncul tulisan “WSIS Prizes 2018 Voting Complete”

 7. Vote Anda ditunggu hingga paling lambat tanggal 18 Februari 2018i.

8. info fase berikutnya, silakan baca www.itu.int/net4/WSiS/Pflles/2018