Ketua DPR Angkat Bicara soal Maraknya Artis Nyaleg

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo saat diwawancaraa awak media (IG Bamsoet)

MONITOR, Jakarta – Beragam cara diupayakan partai politik untuk menaikkan elektabilitas partai, salah satunya dengan merekrut para publik figur atau artis. Seperti yang terlihat belakangan ini, partai politik berbondong-bondong mendaftarkan bacaleg dari kalangan artis.

Fenomena tersebut tak lepas dari perhatian Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet). Ia pun menanggap wajar langkah yang dilakukan parpol di Tanah Air. Kendati demikian, ia mengingatkan agar parpol tetap mengedepankan calon dari kader yang berkualitas.

“Ya jadi sekarang bagi Parpol seperti Golkar dilihat bagaimana pertarungan Pileg ke depan itu bisa menghasilkan kursi sebanyak-banyaknya, tapi juga harus mengedepankan kader-kader atau calon-calon yang berkualitas,” kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (18/7).

“Saya nggak tahu pertimbangan kalau soal artis tapi partai Golkar mendorong seluruh kader partainya untuk maju dalam Pileg 2019. Soal apa alasan artis ya tanya pada partai yang bersangkutan, yang tahu pasti alasan,” tambahnya.

Pun demikian, Politikus Golkar itu mengakui dari pengalaman Pileg tahun 2014-2019 memang membuka ruang sangat luar biasa bagi artis-artis untuk meraih simpati publik dan mendapatkan kursi. “Barangkali itulah yang dilihat kenapa beberapa partai politik merekrut para artis untuk menjadi Caleg,” paparnya.

Lebih lanjut, ketika ditanyakan apakah dirinya kembali mencalonkan lagi di Pileg 2019?. Bamsoet tidak menampiknya.

“Saya diminta oleh partai untuk mencalonkan lagi untuk Dapil yang semula. Jawa tengah VII,” pungkas mantan ketua komisi III DPR RI itu.