Kepala BNPT Diskusi Ihwal Penanganan Terorisme Bersama Raja Yordania

MONITOR, Yordania – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius  menyatakan telah berdiskusi ihwal penanganan radikalisme dan penanggulangan terorisme bersama Raja Yordania, Abdullah II di kediaman pribadi sang raja pada Sabtu (4/11) siang.

Sebelumnya, Suhardi melakukan kunjungan kerja ke Yordania didampingi oleh Dubes RI untuk Kerajaan Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, serta Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir.

Dalam kunjungan tersebut, Suhardi beserta rombongan mengaku telah disambut baik oleh Raja Abdullah II.

Lebih lanjut, dalam pertemuan itu Suhardi menjelaskan mengenai cara-cara atau pola pendekatan yang dilakukan Indonesia selama ini dalam menangani masalah terorisme.

"Raja Abdulah menyambut dengan positif dan penuh antusias atas penjelasan dari kami tentang pendekatan dengan pola soft approach dalam menangani masalah terorisme di Indonesia," kata Suhardi melalui keterangan tertulisnya, Minggu (5/11).

Suhardi mengungkapkan, Raja Abdullah II mendorong kerjasama lebih erat lagi antara kedua negara dalam penanganan terorisme. "Termasuk diantaranya pertukaran mengenai informasi dengan arahan kepada Kepala Intelijen-nya untuk bekerja sama dengan Indonesia," ujarnya.

Selain kunjungan kehormatan kepada Kepala Negara Yordania, Kepala BNPT juga dijadwalkan untuk bertemu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Yordania serta menghadiri acara Aqaba Process Meeting. Pertemuan Aqaba tersebut merupakan pertemuan dalam rangka meningkatkan konsultasi dan koordinasi dalam upaya kontraterorisme berdasarkan pendekatan komprehensif yang melihat terorisme sebagai ancaman global.

"Pertemuan tersebut juga akan dihadiri berbagai peserta dari berbagai negara dalam rangka membahas berbagai upaya menghadapi radikalisasi di kawasan Asia Tenggara," tukasnya.