Kepada Dubes Eropa, Cak Imin Jelaskan Cara Hadapi Islam Phobia

MONITOR, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) mrnggelar halal bi halal dengan sejumlah duta besar negara-negara Eropa. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, negara-negara Eropa jumlah penduduk muslim jumlahnya besar. 

"Bahkan akhir-akhir ini umat islam di Jerman, Prancis, Inggris jumlahnya sangat signifikan," kata Cak Imin sapaan akrabnya di Resto Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Meski demikian, kata Cak Imin, saat ini umat Islam di Eropa sedang mengalami musibah besar, yaitu adanya Islam Phobia atau ketakutan terhadap Islam dan anti Islam. Menurutnya, hal itu muncul lantaran segelintir teroris yang memanfaatkan dan menggunakan isu Islam untuk melakukan tindakan teror mereka itu.

"Maka PKB  punya konsen untuk menghadapi Islam Phobia itu dengan menebar Islam yang ramah, Islam yang membawa perdamaian dan kemanusiaan yang sangat disepakati oleh semua duta besar itu," terangnya. 

Dikatakan Cak Imin, Islam Indonesia seperti yang dicontohkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) bisa menjadi rujukan umat Islam dimanapun agar terjadi cara beragama yang bisa menghindar dari pemanfaatan oleh para teroris.

Mantan Menteri Tenaga Kerja itu juga mengungkapkan, Islam harus menjauhkan diri untuk bisa dimanfaatkan oleh terorisme dan radikalisme. Caranya adalah dengan membawa agama pada tempatnya. 

"Alhamdulillah mendapatkam respons yang sangat positif. Para duta besar bahkan ingin terus belajar tentang NU dan PKB agar masjid-masjid di Eropa bisa bersinergi dengan kita agar bsa menebar Islam yang ramah dan damai," tandasnya. 

Turut hadir mendampingi Cak Imin, Ketua Fraksi PKB DPR RI Ida Fauziah, Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsulrizal dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan. 

Sedangkan, Dubes Eropa yang hadir dalam acara tersebut berasal dari Belgia, Bulgaria, Jerman, Spanyol, Perancis, Inggris, Belarusia, Italia, Belanda dan Uni Eropa.