Kemkominfo Terima Penghargaan Dukcapil Selaras

MONITOR, Jakarta  – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerima penghargaan Dukcapil Selaras dalam ajang Dukcapil Award yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri di Hotel Bidakara, Jakarta Kamis (9/11) malam.

Penghargaan yang diterima Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ahmad M. Ramli mewakili Menteri Kominfo Rudiantara itu diberikan atas penggunaan data kependudukan dan catatan sipil dalamProgram Registrasi Kartu Prabayar.

Anugerah itu diberikan karena Kementerian Kominfo menjadi salah satu kementerian/lembaga yang paling proaktif memanfaatkan data kependudukan di Indonesia. Kebijakan program registrasi prabayar yang menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ini rupanya berdampak terhadap peningkatan kualitas data dan dokumen kependudukan. 

Tak hanya itu, Program Registrasi Prabayar ini juga dinilai membawa dampak besar bagi penataan single identity number di Indonesia. Dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang dikelola oleh Ditjen Dukcapil, para pengguna kartu prabayar dapat mendaftarkan nomor selulernya melalui masing-masing operator telekomunikasi.

Di samping Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Agama, Mahkamah Agung dan Kepolisian Republik Indonesia juga mendapatkan award yang serupa. Penghargaan itu diserahkan dalam rangkaian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil 2017.