Kementan Upayakan Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian

MONITOR, Jakarta – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) tengah fokus menciptakan penemu muda teknologi pertanian, agriventor.  Upaya dari unsur Kementerian Pertanian itu bertujuan untuk memperkaya inovasi teknologi pertanian.

"Kegiatan peningkatan kapasitas SDM untuk mengembangkan teknologi perlu dilakukan sebanyak mungkin, sebagai ajang untuk memperkaya inovasi teknologi," kata Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono di Kantor Kementerian Pertanian, Rabu (13/9).

Momon mengatakan, teknologi di bidang pertanian berperan strategis dalam peningkatan produksi pertanian sehingga mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian dan tingkat pendapatan pelaku usaha pertanian.

Teknologi tersebut, Kata Momon meliputi sarana produksi pertanian, seperti benih, pupuk, dan perlengkapan pertanian, teknologi produksi pertanian dan teknologi pengolahan hasil pertanian.

Teknologi pun bersifat dinamis dan terus berkembang sesuai dinamika permintaan pasar. Namun percepatan inovasi teknologi sangat ditentukan kapasitas SDM sebagai pelaku.

Sehingga, kedepan Momon berharap, Agriventor dapat berdampak pada penguatan teknologi pertanian, penguatan pilar generasi muda di bidang pertanian, perluasan areal tanam, dan peningkatan produksi pangan.