Kemenperin Perluas Pasar Ekspor Tiga Produk Unggulan Indonesia di Uni Eropa

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perindustrian mendorong tiga produk unggulan Indonesia agar lebih memperluas pasar ekspor di Uni Eropa, yaitu pakaian, tekstil, dan sepatu.

Langkah ini seiring upaya Indonesia yang tengah melakukan negosiasi dengan Uni Eropa terkait perdagangan dan investasi kedua belah pihak negara.

“Kami melihat potensi dari kedua pihak. Kami juga percaya, kerjasama Eropa dan Indonesia akan terus membaik,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara pada EU-Indonesia Business Dialogue (EIBD) di Jakarta (28/29.

Negosiasi dilakukan melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Uni Eropa dan Indonesia. Perjanjian ini juga salahsatunya untuk mengantisipasi resolusi parlemen Uni Eropa yang dapat mengganggu proses kerjasama kedua belah pihak.

“Untuk itu, kami mendorong yang prioritas terlebih dahulu, yaitu clothing, footwear, dan tekstil. Mereka juga dorong isu lain,” jelas Airlangga pada MONITOR, Rabu (29/11).

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional Indonesia sendiri telah mampu menunjukkan daya saingnya di tingkat global. Pasalnya, sektor andalan ini telah terintegrasi dari hulu sampai hilir dan produknya dikenal memiliki kualitas yang baik di pasar internasional.

“Bahkan, khusus untuk industri shoes and apparel sport, kita sudah melewati Tiongkok. Di Brasil, kita sudah menguasai pasar di sana hingga 80 persen,” pungkas Airlangga.