Kemenhub Bersiap Amankan Lantas Natal dan Tahun Baru 2018

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menuturkan tengah bersiap diri untuk mengamankan lau lintas (Lantas) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

“Pada prinsipnya dalam rangka Natal dan Tahun Baru, Kemenhub bersama korlantas lain, semangatnya sama. Sama aspek keselamatan kita sama. Kita kan berikan petunjuk keterangan. kepada para pemudik agar kemudian perjalanannya diberi kelancaran,” ujar Direktur Jerderal Perhubungan Darat Budi Setyadi di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (20/11).

Budi menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengkaji ihwal optimalisasi pembatasan kendaraan pengangkut barang menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

“Sedang kita evaluasi, saat orang mudik nanti tanggal 22 sampai 23 Desember. Untuk pembatasan kendaraan barang akan kita berikan keputusannya,” tambahnya.

Guna menjaga keselamatan, dan kemanan para pemudik, lanjut Budi, Kemenhub akan memastikan bahwa setiap bus umum yang boleh mengangkut penumpang adalah yang layak jalan.

Sedangkan, untuk memeriksanya, sambung Budi akan dilakukan pengecekan kondisi fisik para pengemudi. Kegiatan ini rencanya bakal turut melibatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Berkaitan dengan pengecekan para pengemudi, kita akan kerjasamana dengan Kemenkes.” paparnya.