Kasus KKB Papua, Pemerintah Diminta Waspada dan Tangani Isu Internasional

MONITOR, Jakarta – Tokoh Muda Papua, Velix Wanggai memberi komentar ihwal penangkapan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyandera 1300 orang warga dua daerah di Papua yaitu Timika dan Tembagapura. Menurutnya, pemerintah perlu waspada dan melakukan upaya khusus agar permasalahan ini tidak menjadi sorotan negatif dunia internasional.

Velix menuturkan kewaspadaan itu dinilai penting karena saat ini peritiwa sekecil apapun soal Papua sedang diperhatikan komunitas internasional.

"Kalau hal itu tentu kita perlu waspada. Peristiwa itu kecil secara langsung atau tidak komunitas internasional memberi sorotan terhadap Papua," ujarnya di jakarta, Senin (20/10).

Hal itu, sambung Velix, semakin masiv dan sering dibincangkan oleh komunitas internasional dalam berbegai kesempatan diplomasi internasional. "Itu semakin masiv di berbagai diplomasi internasional," tambahnya.

Velix menambahkan, saat ini pemerintah perlu menyikapi secara komprehensik kejadian KKB di Papua. Mengingat untuk menjaga agar dunia internsional tidak salah paham menilai keadaan di Papua.

"Secara komprehensif pemerintah harus menyikapi serius ini, dalam menyikapi isu internasionalisasi papua ini," imbuhnya.