Kado Sampai Akhir Tahun, Tol Pertama di Sumsel Gratis

MONITOR, Jakarta – Ruas Tol pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) yang menghubungkan Palembang -Pamulutan resmi dibuka dan sudah bisa dinikmati masyarakat. Ibarat kado sampai akhir tahun, transaksi di tol tersebut ditiadakan.

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah meminta agar Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I ruas Palembang-Pamulutan yang baru diresmikan, dibuka secara gratis untuk sementara waktu.

"Saya minta meskipun jalan tol berbayar, bisa dinikmati masyarakat. Pada awal operasi ini sampai akhir tahun 2017 tanpa dipungut biaya," kata Presiden dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Kamis (12/10/).

Jokowi mengaku, penyelesaian jalan tol yang dibangun sejak 2015 oleh PT Hutama Karya ini, bukanlah perkara mudah.

Selain faktor pembebasan lahan, ada teknik konstruksi khusus yang harus dilakukan untuk menangani proyek yang berada di atas lahan gambut ini.

Bahkan, guna mendorong percepatan, Jokowi mengaku sampai mendatangi lokasi hingga empat kali.

"Saya tanya 2-3 bulan lalu masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Tadi saya tanya lagi semua seksi di Palindra sudah selesai pembebasan lahannya. Persoalan seperti kendala lahan tidak akan bisa diselesaikan kalau tidak didorong terus penyelesaiannya," tutur dia.

Untuk diketahui, Jalan Tol Palindra terdiri atas tiga seksi dan memakan investasi Rp 3,3 triliun. Seksi I ruas Palembang-Pamulutan memiliki panjang 7,8 kilometer.

Sedangkan Seksi II ruas Pamulutan-KTM sepanjang 4,9 kilometer dan Seksi III ruas KTM-Simpang Indralaya sepanjang 9,3 kilometer.