Jumlah Penerima PKH Tahun 2018 Dipastikan Mencapai 10 Juta

MONITOR, Padang – Jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) hari ini berkisar enam juta keluarga penerima manfaat. Rencananya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani akan menambah jumlahnya hingga mencapai sepuluh juta di tahun 2018 mendatang.

"Bantuan sudah lama didistribusikan untuk PKH sebanyak enam juta KPM akan ditambah menjadi 10 juta KPM pada 2018," ujar Puan Maharani saat kunjungan kerja di Tanah Datar Sumatera Barat, Rabu (27/9), seperti diwartakan Antara.

Bantuan tersebut, kata Puan, merupakan salah satu cita-cita Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terkait kesejahteraan rakyat.

Untuk alokasi dana, putri dari Megawati Soekarnoputri ini menyatakan bantuan PKH disalurkan melalui empat tahapan per tahun. Sasaran utamanya tak lain para ibu rumah tangga, ibu hamil dan wanita masa nifas.

Kepada masyarakat penerima PKH, Puan berpesan agar bantuan yang diberikan oleh Pemerintah digunakan untuk hal semestinya. Menurutnya masyarakat harus makan makanan yang sehat dan bergizi, seperti ikan misalnya.

Pada kesempatan ini, Menko PMK didampingi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit; Bupati Tanah Datar, Ir dinansyah Tarmizi; dan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.