Jokowi-JK Disarankan Kembali Duet di Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Suhu politik jelang Pemilihan Presiden Tahun 2019 mulai memanas. Sejumlah lembaga survei dan pengamat politik bahkan telah merilis beberapa nama calon presiden dan wakil presiden terkuat yang akan maju di bursa pilpres mendatang.

Salah satu nama tokoh yang muncul sebagai calon presiden pada pilpres 2019 yakni Presiden Joko Widodo. Tak tanggung-tanggung hampir semua lembaga survei menepatkan Jokowi sebagai calon terkuat pada pilpres 2019.

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menyarakan agar Jokowi dan Jusuf Kalla kembali berpasangan pada Pilpres 2019.

"Jokowi-JK maju dua periode di Pilpres 2019 bisa menjadi fairness buat semua partai dan politikus pada Pemilu 2024 mendatang," kata Emrus dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Senin (19/2). 

Menurut Emrus, jika Jokowi-Jk kembali berduet, para pendatang baru pada Pilpres 2024 diprediksi akan bermunculan.

"Jokowi kan tidak boleh maju lagi karena sudah menjabat selama dua periode, Sementara itu, usia yang makin uzur juga membuat JK sangat sulit maju Pilpres 2024," tambah Direktur Eksekutif RmrusCorener itu.

"Berbeda kalau misalnya Jokowi maju dengan calon lain dan menang di 2019, maka wapres terpilih berpeluang besar menjadi presiden di 2024," sambug Emrus