Jelang Pilkada 2018, Masyarakat Dituntut Jadi Pemilih Bijak dan Cerdas

MONITOR, Bandung – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat 2018 sudah memasuki babak krusial.Dimana, para figur yang akan maju di pilkada nanti sudah mulai melakukan kampanye, baik itu melalui alat peraga kampanye maupun melalui media sosial.

Anggota DPR RI, Sodik Mudjahid mengatakan masyarakat Jabar harus cerdas dalam memyikapi dan menilai semua yang mulai dipertontonkan para figur yang akan maju untuk Jabar Satu jelang pilkada.

"Jelang pilkada akan banyak atraksi politik yang dilakukan para figur dan relawan pendukung, jadi masyarakat terutama kelompok mahasiswa harus cerdas mencermati semua yang ada," kata Sodik di Universitas Kebangsaan Bandung, Jumat (8/9).

Diakui Sodik, jelang pemilu atau pilkada seperti saat ini biasanya banyak hal yang akan dilakukan para figur dan relawan pendukung, jadi penting bagi masyarakat untuk bijak dalam melihat semua kegiatan yang berbau kampanye.

Selain itu, lanjut Sodik, pemanfaatan media sosial untuk kampanye biasanya berpotensi menimbulkan konflik antar masyarakat. "Kita dituntut bijak dan cerdas," ujar Sodik dihadapan para mahasiswa.

Untuk itu lanjut Sodik, mahasiswa sebagai kelompok masyarakat yang cerdas harus bisa mengedukasi dan memberikan pemahaman politik kepada masyarakat umum.

"Saya mengajak semua mahasiswa untuk memberi pahaman terhadap masyarakat," imbuh Wakil Ketua Komisi Bidang Agama dan Sosial DPR itu.

"Sebagai wakil rakyat yang dipilih oleh masyarakat Jabar, khususnya Bandung tentunya saya dituntut peduli terhadap semua hal termasuk soal pilkada ini," pungkas Sodik.